7 Transisi Adobe Premiere Ini Membuat Video Berkesan Hidup

7 Transisi Adobe Premiere Ini Membuat Video Berkesan Hidup

Jika anda ingin membuat video anda lebih cinematik anda memerlukan sebuah transisi. Transisi merupakan elemen yang sangat penting dalam pembuatan video. Saat pembuatan naskah video, transisi sangat dipikirkan oleh seorang sutradara. Editor juga harus mengetahui fungsi dari transisi gambar.

Beberapa transisi dibawah ini akan membuat video anda menjadi lebih cinematik dan memberi kesan hidup. Transisi bisa dibuat dengan mudah di Premiere pro. Dari yang sederhana hingga yang luar biasa. Jika anda bisa menempatkan transisi dibawah ini dengan momen yang pas, saya yakin video anda akan mearik dan tidak membosankan untuk ditonton.

1. Fade In/Out

Menurut saya, transisi diatas adalah transisi yang paling mudah. Anda pasti bisa membuatnya, salah satu kunci untuk membuat transisi tersebut adalah memainkan opacity. Perlu anda ketahui efek ini adalah efek paling dasar.

2. J-Cut Transition

Transisi oleh Justin Odisho adalah transisi yang tergolong sangat simpel. Namun transisi ini sangat populer dikalangan filmaker dan vlogger. Pembuatan transisi ini tidaklah rumit, anda cukup memotong footage dibagian awal dan membiarkan audio-nya. Untuk lebih jelasnya lihat tutorial dari Justin Odisho diatas.

3. Light Leak

Transisi ini menimbulkan efek seperti bokeh pada kamera. Tentunya sangat keren video anda jika menggunakan efek ini. Dalam video tersebut disertakan link download fotage bokeh dari Brandon. Untuk mendownload nya silahkan putar video tersebut di Youtube.

4. Luma Fade

Luma fade transition merupakan sebuah transisi yang sangat keren.  Peter McKinnon menyajikan tutorial membuat luma fade pada akun Youtube-nya. Luma fade ini sangat bagus sekali jika anda gunakan di momen yang tepat. Untuk membuat effect ini anda cukup mengggunakan effect yang bernama Gradient Wipe.

5.  Zoom Transition

Efek kelima yaitu Zoom, efek ini bertujuan untuk memberi kesan mendetail dan serius dari suatu video. Untuk membuatnya anda harus mempunyai dua buah footage di angle yang berbeda yaitu angle yang utama dan angle close-up. Untuk membuat efek ini anda hanya perlu memainkan position, scale, dan opacity.

6. Glitch

Justin Odisho menunjukan cara membuat efek glith di adobe premiere pro dengan mudah. Pasti anda pernah saat menonton tv dengan sinyal yang buruk. Nah, efek ini glitch terinspirasi dari gangguan gambar yang disebabkan oleh sinyal yang rusak.

7. Spin

Lagi-lagi Justin Odisho menunjukan efek yang simpel tapi unik. Spin adalah efek dimana video akan megalami perputaran disertai dengan blur. Transisi ini dibuat dengan efek yang sudah tersedia didalam sofwater premiere pro, jadi anda tidak perlu men download efek tambahan.

Baca juga : Rekomendasi Laptop Gaming Asus Unggulan

Itulah 7 transisi yang menurut saya dapat membuat video menjadi berkesan hidup. Menurut anda bagaimana ?. Jangan lupa untuk share supaya teman anda tahu cara membuat transisi yang keren seperti diatas.

Norris Rahman

Di dunia tidak ada orang yang bodoh. Semua dibekali dengan akal yang sama. Tergantung kita mau apa menggunakan akal tersebut.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *