Pilih Blogger Atau WordPress ? Mana CMS Terbaik

Blogger

Terkadang para blogger pemula bingung menentukan CMS yang digunakan untuk blognya. Ngomong-ngomong tentang CMS, apa sih CMS itu?.

CMS bersal dari kata Content Management System yang berarti sistem managemen konten.CMS dapat kalian gunakan walaupun kalian tidak mengetahui pemrograman tentang web sama sekali.

Pilihan cms sangatlah banyak mulai dari blogger, wordpress, jomla, drupal dan masih banyak lagi. Namun untuk saat ini pilihan cms yang sangat populer adalah wordpress.

WordPress menjadi populer karena kemudahannya. Untuk mengetahui info lebih dalam silahkan simak artikel berikut.

1. Blogger

Blogger merupakan platform gratis yang iluncurkan oleh Pyra Labs dan sekarang platform tersebut diakusisi oleh google. blogger lebih dikenal dengan ekstensi .blogspot.com pada nama domainnya.

Kelebihan blogger:

1. Gratis, platform ini memberikan hostingya secara gratis, domain dari platform ini juga gratis namun dengan embel embel .blogspot.com. Untuk urusan domain platform ini bisa diganti dengan domain TLD (Top Level Domain) yang sudah kita beli di penyedia domain.

2. Tanpa Iklan, untuk urusan iklan google tidak memberi iklan pada platform blogger. Kecuali sang pemilik memonetisasi blognya dengan adsense yang tujuannya untuk menghasilkan uang. 

3. Kemudahan mengganti template dan tata letak, blogger memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengatur tata letak dan tampilan blognya sesuai keinginannya. Template blogger sangat banyak di internet, muali yang bebrbayar sampai yang gratis. 

4. Super aman dan dijamin jarang down, platform blogger diklaim cukup aman karena platform ini dekola langsung oleh Google. Jadi kalian tidak usah kawatir blog anda di hack orang. Google merupakan perusahaan raksasa didunia dan memiliki server yang sangat besar pula.

5. Posting artikel sebanyak banyaknya, platform penyimpanannya sepenuhnya disediakan oleh google. Jadi kalian tak perlu pusing lagi memikirkan sisa penyimpanan atau mengupgrade-nya.

Dari kelebihan diatas pasti mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangan dari platform ini yaitu google memiliki otoritas tertinggi. Jadi, jika kita tidak tunduk pada peraturan yang dibuat oleh blogger, maka blog kita akan  dibanned tanpa pemberitahuan apapun.

2.WordPress.com

WordPress.com adalah layanan CMS gratis yang didirikan oleh purashaan yang bernama auttomatic. CMS ini mirip dengan blogger karena sama -sama gratisnya. Untuk masalah tampilan blogger dan WordPress tentu sangat berbeda.

Kelebihan WordPress.com

  • Gratis
  • Sangat mudah untuk digunakan
  • Tidak perlu memikirkan SEO, Karena sudah terintegrasi di dalam platform tersebut
  • Dijamin jarang down
  • Bisa custom domain
  • Sangat aman

Kekurangan WordPress.com

  • Ada batasan penyimpanan, pada platform ini kalian diberi ruang penyimpanan hanya sebesar 3 GB. Berbeda dengan blogger yang penyimpanannya unlimited.
  • Tidak bisa untuk adsense, platform ini tidak boleh menggunakan iklan selain dari WordAds .
  • Harus patuh terhadap peraturan, yang namanya blog gratisan kita musti patuh dengan si penyedia jika tidak blog kalian akan auto dibanned.

3. WordPress.org

WordPres.org merupakan platform yang sama persis dengan WOrdpRes.com. Namun, untuk emnggunakanplatform ini kalian harus mempunyai domain dan hosting terlebih dahulu.

Dalam platform ini, peran kita menjadi penuh dalam mengelola blog. Tidak ada aturan seperti platform hosted. Oh iya, platform ini disebut dengan self-hosted

Kelebihan WordPress.org

  • Tidak ada aturan sama sekali, tak seperti kedua platform diatas, platform ini memberikan kontrol penuh pada si pemilik blognya. Jadi tidak ada yang namanya blog dibanned.
  • Open Source atau gratis, maksud dari gratis pada bagian ini adalah, kalian dapat menggunaknnya secara gratis tanpa dipungut biaya. Kalian akan mendapat akses untuk mengedit HLM tanpa batas.
  • Banyak plug in yang bisa digunakan, plugin merupakan tool tambahan yang berfunsi sebagai pendukung untuk meningkatkan pengaturan blog. Plugin yang tersedia sangatlah banyak dan rata rata gratis. Biasanya plugin yang tersedia juga meberikan fitur upgrade yang berfungsi untuk meninkatkan fitur si plugin tersebut.
  • Banyaknya tema gratis yang bisa digunakan, tema menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pembuatan blog. Tema yang menarik dan responsive dapat meningkatkan daya tarik pengunjung. Kalian juga bisa mengubah dan mengatur tampilan tema secara leluasa, namun kalian harus megerti tentang pemrograman HTML,PHP, dan CSS.

Kelemahan WordPress.org

  • Harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu untuk menggunakannya.
  • Membutuhkan modal yang tidak sedikit, karena harus membeli hosting dan domain sendiri.
  • Masalah kemanan menjadi tanggung jawab sendiri, karena kalian kelola sendiri secara penuh.

Kesimpulan

Jadi kesimpulanya blogger.com dan wordpress.com untuk mereka yang ngeblog tujuannya untuk hobi. Dan wordpress.org untuk para blogger yang prfesional seperti pebisnis, marketer, perusahaan besar. Namun jika kalian menggunakan wordpress.org akan lebih baik, karena blog kalian akan terlihat profesional dan berkelas.

Norris Rahman

Di dunia tidak ada orang yang bodoh. Semua dibekali dengan akal yang sama. Tergantung kita mau apa menggunakan akal tersebut.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *