Istilah dalam Trading Saham yang Wajib Diketahui Trader Pemula

Istilah dalam Trading Saham

Istilah dalam trading saham sangatlah banyak dan wajib dimengerti oleh pala traders.

Ngomong-ngomong soal trading saham, apa sih trading saham itu ? Trading saham adalah kegiatan jual beli saham yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan antara harga beli dan harga jual saham oleh investor.

Lantas apa perbedaan dari trading dan investasi ?

Trading adalah kegiatan jual beli saham dengan waktu yang sangat singkat atau bisa dibilang jangka relatif pendek. Seperti, harian, dan mingguan, sedangkan yang paling lama adalah bulanan, itupun tidak terlalu lama paling 3 bulan sudah maksimal.

Memang tujuan trading adalah tidak perlu waktu lama, kalau bisa secepatnya dan sependek mungkin.

Lalu keuntungan trader darimana ? Keuntungan trader adalah memanfaatkan selisih antara harga jual dan harga beli atau Bahasa kerennya capital gain. Oleh karena itu trading saham yakni layaknya kita berdagang barang biasanya, tetapi media yang digunakan berbeda.

Trading akan memberikan profit yang banyak dalam waktu singkat, tetapi trading memiliki risiko yang sangat tinggi. Jadi, jangan main -main dengan trading, alngkah lebih baik pelajari teknik-teknik trading terlebih dahulu.

Sedangkan Investasi adalah kegiatan membeli saham dengan tujuan untuk mendapatkan dividen dari suatu perusahaan yang ditanami modal. Dividen akan dibagikan setiap setahun sekali, biasanya perusahaan memberikan dividen sebesar 500 rupiah per lembar saham.

Selain dari dividen, investasi juga mendapatkan capital gain, tetapi waktu yang dibutuhkan relatif lama sekitar 5-10 tahun baru kita bisa menikmati hasilnya.

Istilah-Istilah Penting dalam Dunia Trading

Istilah Trading Saham

1. Sekuritas

Sekuritas adalah perantara kita dengan pasar saham, kata lainnya bisa disebut dengan ‘broker’ atau makelar.

Tahap paling awal yang harus kita lakukan dalam bertrading saham adalah harus membuat akun sekuritas. Sekuritas yang tersedia sangatlah banyak, anda tingal memilih mana yang menurut kalian bagus, sebenarnya sih sama sama bagus.

Sekuritas di Indonesia yakni Indopremiere, Sucor Securitas, Mirae Aset, BNI Sekuritas, dan masih banyak yang lain. Bisa juga menganut rekening yang anda punya.

Misal anda punya rekening BNI, anda tinggal daftar di BNI sekuritas tanpa perlu mengirim dokumen apapun, anda hanya perlu mengisi form online yang tersedia.

Berikut untuk mendaftar BNI sekuritas

2. IPO

IPO atau Initial Public Offering adalah penawaran saham perdana oleh suatu perusahaan pada bursa efek.

Akan tetapi, sebaiknya pikir dulu sebelum membeli saham IPO, karena secara fundamental perusahaan yang baru IPO tidak memiliki laporan keuangan yang jelas.

Untuk mendapatkan IPO tentu tidaklah mudah, perusahaan harus memenuhi serangkaian persyaratan sehingga bisa masuk ke pasar modal.

3. Indeks

Istilah Trading Saham

Indeks adalah ukuran statistik perubahan harga dari kumpulan saham yang telah dipilih berdasarkan kriteria tertentu yang tercatat dalam bursa efek.

Di Indonesia terdapat bursa efek yang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI).

Yang mengukur semua pergerakan saham yan tercatat di BEI adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) atau bisa disebut rata-rata semua saham yang diperjualbelikan di bursa efek.

6 Ide Passive Income Untuk Menunjang Finansial Mahasiswa

4. Saham Blue Chip

Istilah blue chip adalah sebutan untuk perusahaan besar atau mapan sehingga memiliki harga saham yang relative stabil. Oleh karena itu, saham blue chip sangat cocok digunakan untuk investasi dalam jangka panjang.

Beberapa perusahaan yang memperoleh julukan saham blue chip meliputi BBCA (Bank BCA), UNVR (Unilever), BBRI (Bank BRI), TLKM (TELKOM), dan ICBP (Indofood Sukses Makmur).

Saham diatas merupakan saham blue chip yang memiliki harga relative stabil sehingga cocok untuk investasi jangka panjang.

5. Saham Gorengan

Saham gorengan adalah saham yang pergerakannya tidak begitu bagus karena harga suatu sahamnya dipermainkan oleh suatu kelompok yang memiliki kepentingan. Boleh dibilang saham ini adalah kebalikan dari saham blue chip.

6. Bullish

Bullish adalah di mana keadaan pasar mengalami tren naik atau menguat dalam periode waktu tertentu. Arti bullish berasal dari dari Gerakan banteng yang menyeruduk kea rah atas sehingga melambangkan tren sedang naik.

Bullish dipengaruhi oleh sector finansial, aset, perekonomian dalam suatu perusahaan.

7. Bearish

Bearish adalah di mana kondisi harga suatu saham mengalami tern penurunan atau melemah. Kondisi ini dipengaruhi banyak hal mulai dari transaksi dalam perusahaan, keuangan, aset dan lain-lain.

8. Capital Gain

Istilah Trading Saham

Capital gain merupakan perbedaan harga jual dan harga beli suatu saham, atau selisihnya. Istilah Capital gain digunakan saat harga saham mengalami kenaikan harga dari harga semula.

Nah ini yang sering saya singgung dari awal dalam dunia trading karena istilah ini acap kali diucapkan dan diburu oleh setiap trader.

Misal kita beli saham di harga Rp1.000 per lembar dan pada jangka waktu tertentu ternyata harganya naik menjadi Rp1.500 per lembar. Dari perubahan harga tersebut kita mendapatkan untuk Rp500 per lembar, itulah yang disebut dengan capital gain.

9. Capital Loss

Capital loss adalah kelaikan dari capital gain, saham yang kita beli mengalami penurunan harga dari harga semula sehingga bisa disebut kita merugi.

Oleh karena itu, diperlukan Analisis teknikal yang matang untuk mengantisipasi kita bankrupt karena capital loss ini.

10. Stock Split

Stock Split adalah istilah yang digunakan untuk pemecahan unit saham menjadi beberapa bagian.

Fungsi dari stock split ini adalah mengatasi harga saham yang terlalu tinggi sehingga mudah untuk dicapai investor.

Perusahaan yang melakukan stock split pada tahun 2019 lalu yakni Unilever. Ia melakukan stock split 1:5 pada sahamnya. Yang dimaksud stock split seperti diatas adalah misal kita mempunyai 1 lot saham sebelumnya. Saat setelah mengalami stock split saham yang kita pegang menjadi 5 lot.

Modal 10 Ribu, Inilah Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik Untuk Pelajar

Itulah beberapa istilah trading saham yang wajib anda kenali, pada dasarnya trading saham tidaklah mudah, embutuhkan skill, serta psikologi yang baik.

Sekian post dari saya, salam sukses dan terus berusaha untuk maju.

Norris Rahman Di dunia tidak ada orang yang bodoh. Semua dibekali dengan akal yang sama. Tergantung kita mau apa menggunakan akal tersebut.
Norris Rahman Di dunia tidak ada orang yang bodoh. Semua dibekali dengan akal yang sama. Tergantung kita mau apa menggunakan akal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *