Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon Untuk Pemula

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon Untuk Pemula

Kamera DSLR Canon hadir dengan kemampuan yang  dapat mengambil gambar dengan tampilan objek yang lebih tajam, detail, dan kreatif. Jenis kamera DSLR ini hadir dengan menawarkan banyak fitur – fitur dan inovasi terbaru.

Nah, ini sebabnya bagi pengguna kamera DSLR pemula terkadang akan mengalami kesulitan. Bagi fotografer pemula akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi secara langsung dengan kamera DSLR ini. Jika anda tau cara menggunakan dan mengatur kamera ini akan bisa menghasilkan jepretan gambar yang bagus.

Kali ini akan membahas cara menggunakan kamera DSLR Canon bagi fotografer pemula. Kamera ini mempunyai tombol untuk mengatur gambar yang akan di hasilkan. Jika anda salah mengaturnya maka foto yang di hasilkan tidak akan seperti yang anda inginkan.

Kebanyakan pemula bingung cara mengatur kamera DSLR ini karena belum terbiasa atau tidak mengetahui cara mengaturnya. Nah, berikut ini adalah cara mengatur kamera DSLR bagi pemula :

Trik dan Tips Menggunakan Kamera DSLR Canon Untuk Pemula

1. Kenali tombol-tombol pada kamera DSLR

Saat pertama kali Anda menggunakan kamera DSLR Canon, tentunya Anda akan merasakan perbedaan jika dibandingkan dengan memakai kamera biasa.

Kamera DSLR ini memberikan lebih banyak fitur dan tombol pada kamera. Maka dari itu Anda harus mempelajari semua fungsi ikon tombol pada kamera DSLR, supaya Anda bisa memakai kamera tersebut secara maksimal.

Setiap kamera biasanya memiliki tombol pengaturan yang akan sedikit berbeda. Jadi Anda harus mengetahui dimana tombol pengaturan ISO, White Balance, dan Autofocus pada kamera.

2. Mode Shutter dan Aperture

Fungsi kamera DSLR Canon yang harus Anda ketahui sebagai fotografer pemula bisa dimulai dari pemahaman tentang mode shutter dan aperture. Karena kedua mode tersebut mempunyai peran penting pada kamera digital.

Pada pemakaian mode shutter dan aperture ini akan memudahkan Anda saat sedang mengambil gambar. Anda dapat menggunakan manual mode yang fungsinya untuk memunculkan setting mode aperture atau shutter yang bervariasi. Tetapi bagi fotografer pemula sebaiknya jangan terlalu mengandalkan mode manual.

3. Kenali penggunaan White Balance

Yang sering menjadi permasalahan bagi pemula yang menggunakan kamera DSLR Canon ini yaitu saat melakukan pemotretan dengan detail warna yang kurang tepat.

Oleh sebab itu Anda harus mengenal white balance terlebih dahulu. Agar kamera Anda dapat mengambil objek dengan warna yang bisa menyesuaikan kondisi cahaya.

Jangan sampai saat anda mengambil gambar dari objek yang seharusnya berwarna hijau atau biru, tetapi hasil fotonya justru menjadi warna yang lain.

Baca juga : Cara Pengambilan Foto Terbaik Untuk Pemula

4. Mengenali Penggunaan Histogram

Penggunaan histogram pada kamera DSLR Canon ini juga sangat penting. Karena komponen histogram ini adalah salah satu peranan yang penting pada kamera. Dengan Anda menggunakan histogram, Anda bisa mengetahui bagaimana hasil gambar dari objek secara lebih detail.

5. Melepas Shutter

Fungsi tombol shutter yang terdapat pada kamera DSLR Canon ini tidak bisa anda gunakan secara sembarangan. Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu cara melepas shutternya.  Bahkan tidak jarang Anda ingin menekan sebagian shutter justru  jadi membuat fokus pada lensanya. Maka dari itu  Anda harus bisa memperkirakan kapan shutter dapat dilepas.

Nah itulah tadi beberapa trik dan trik menggunakan kamera DSLR Canon bagi pemula yang dapat Anda ketahui. Jika anda memiliki pemahaman yang benar tentang kamera DSLR, maka anda dapat menciptakan gambar yang luar biasa bagus dan keren.

Baca juga : Cara Menambahkan Preset Kedalam Lightroom Android Atau Ios

Semakin sering anda mencoba dan melakukan eksperimen dengan kamera, anda akan semakin tahu tentang kemampuan yang terdapat pada kamera yang anda miliki. Semoga membantu!

Norris Rahman

Di dunia tidak ada orang yang bodoh. Semua dibekali dengan akal yang sama. Tergantung kita mau apa menggunakan akal tersebut.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *