7 Kebiasaan Yang Menyebabkan Baterai Hp Cepat Rusak

Di era digital peranan Hp atau Smartphone tidak pernah terpisahkan dari kehidupan manusia. Ibarat kata tanpa Hp sama saja tidak hidup. Peranan smartphone sekarang bisa dikatakan menjadi pengganti laptop. Dengan smartphone kita bisa melakukan hal apa saja, seperti chatting, menulis dokumen dan masih banyak lagi.

Dibalik kemudahan diatas, ada masalah yang sering dijumpai para pemilik smartphone, yakni masalah pada baterai. Mungkin kita tidak sadar akan kegiatan yang merusak baterai smartphone kita.Rata rata kegiatan ini dianggap sepele, karena tidak menimbulkan dampak secara langsung. Namun, ika dilakukan berulang masalah ini pasti muncul. Nah, ternyata kegiatan dibawah ini loh, yang menyebabkan kerusakan pada baterai :

1. Mengecharge baterai pada kondisi 0%

Menggunakan baterai saat kondisi 0% akan mengurangi umur baterai. Orang beranggapan. Baterai sekarang bertipe Li-Ion atau Li-Polymer, baterai dengan jenis tersebut lebih baik di charge saat kondisi sekitar 20% dan selesai charge 80%. Memang dahulu baterai hp berjenis NiCAD dan NiMH, jenis baterai tersebut memang lebih baik dicharge saat kondisi 0%.

2. Menggunakan Smartphone Sampai Overheat

Menggunakan smartphone sampai overheat salah satu penyebab overheat. Karena panas yang dihasilkan akan merusak komponen baterai smartphone tersebut.

Coba gunakan smartphone sewajarnya, seperti menggunakan aplikasi latar belakang yang tidak terlalu banyak. Dan sering-sering membersihkan aplikasi background.

3.  Menggunakan Smartphone Saat Dicharge

Nah, menggunakan smartphone saat sedang dicharge menjadi pemicu utama baterai rusak. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga bisa menyebabkan baterai smartphone meledak.

Banyak kasus yang terjadi karena meledaknya baterai smartphone. Sebaiknya gunakan smartphone saat selesai mnegcharge.

4. Menggunakan Charger Palsu

Banyak charger dipasaran yang mengatas namakan produknya asli, padahal sih dalamanya jauh dari kata asli. Nah, charger seperti ini yang bisa merusak baterai.

Kebanyakan orang menggunakan charger ini karena tertipu di tulisan dan bentuknya. Bagi yang chargernya sudah rusak/hilang menurut saya gunakan produk third party yang terpercaya atau kalau bisa sih, beli yang ori dari toko official smartphone tersebut.

5. Mengcharge Smartphone Semalaman

Mungkin pada poin ini tidak berlaku untuk smartphone sekarang, karena rata-rata smartphone baru baru ini sudah ditanamkan alat auto cut-off. Walau tertanam auto cut-off smartphone bisa saja smartphone mengalami panas yang berlebih pada permukaannya.

6. Sering Menggunakan Powerbank

Kita pasti sering melakuan charge menggunakan powerbank. Sekarang powerbank dipasaran tersedia sangat banyak. Biasanya powerbank yang harganya murah akan membuat baterai menjadi rusak. Karena arus yang dikeluarkan dari powerbank tersebut tidak stabil.

Untuk meminimalisir hal tersebut, gunakan powerbank yang bagus. Karena powerbank tersebut mempunyai IC yang lebih baik dari powerbank murah.

7. Menggunakan Charger Yang Tidak Sesuai

Menggunakan charger tidak sesuai ternyata bisa membuat baterai cepat rusak. Karena IC yang dipakai didalam smartphone tentu berbeda-beda. Sehingga daya input yang dapat diterima IC tersebut berbeda. Jadi jika menggunakan charger lain, ketahui dulu berapa maksimal input power yang dapat digunakan.

Baca juga : Cara Membatasi Konten Google Play Agar Aman Diakses Anak-Anak

Itulah kebiasaan yang menyebabkan baterai pada smartphone kita cepat rusak menurut versi saya. Bagaimana menurut kalian ?.

Norris Rahman

Di dunia tidak ada orang yang bodoh. Semua dibekali dengan akal yang sama. Tergantung kita mau apa menggunakan akal tersebut.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *